Berkenalan dengan Kendo UI

Mungkin teman-teman pernah main di jQuery UI, atau mungkin ada plugin-plugin lainnya yang berkaitan dengan UI. Sebagian yang lain ada yang bermain di ExtJS milik Sencha ya ??. Kini ada lagi namanya Kendo UI. Saya mulai tertarik Kendo ketika bekerja di salah satu perusahaan dan implement laporan dan grafik dengan DataViz milik Kendo. Setelah berhasil implement, renderingnya itu cepet dan animasinya pun menarik. Kesulitan hanya pada setup awal karna memang saya menggunakan wrapper nya ASP.net MVC. Masih belum biasa dengan aturan ASP.Net MVC-nya.

Sebenernya si Kendo awalnya perusahaan startup, namun kini di pegang oleh Telerik, salah satu perusahaan aplikasi baru juga. Produk-produknya bisa temen-temen liat di situs telerik langsung. Awalnya saingan tuh si Telerik, Kendo dan Infragistic. Infragistic itu semua produk berbayar, Telerik sebagian ada yang bayar sebagain free namun fokus ke
teknologi Microsoft seperti ASP dan temen-temennya. Kendo sendiri, awalnya hanya Javascript dan HTML 5, CSS3 saja.

Si Kendo UI itu kini terbagi ke 4 bidang :

  1. Kendo UI Web (Ada yang versi Free)
    Kendo UI Web ini berisi seperti jQuery UI, ada Grid, DatePicker, TimePicker, Tab, Modal, Splitter, Editor dan banyak lagi. Saya sudah coba main di Grid, wew, mudah setupnya. Paging dan server filternya pun mudah. Mesti dicoba dan di implement ke projek ke depan.
  2. Kendo UI Mobile (Berbayar)
    Mobile, sudah keliatan fungsi utama bidang ini. Untuk ngehandle aplikasi web agar bisa ditampilkan rapih di device mobile. Mungkin menurut saya tidak laku karna saingannya seperti jQuery Mobile, Sencha Touch bisa kita pakai dengan cuma-cuma alias gratis.
  3. Kendo UI DataViz (Berbayar)
    DataViz disini banyak main di laporan grafik, baik itu bentuknya linear, bar, area, chart dan lain lagi. Menurut saya DataViz milik kendo ini unik, implement di ASP.Net MVC itu pun sebenarnya mudah apabila ada dasar ilmu handle sisi server dalam ngambil datanya. Saya baru pertama kali main di grafik disini. Jadi belum ada pandangan siapa saingan / pengganti DataViz milik Kendo.
  4. Kendo UI Server Side Wrapper (Berbayar)
    Server Side Wrapper disini sebenernya untuk tujuan kemudahan setup langsung di sisi server dengan ASP, JSP dan nanti katanya…si PHP juga akan dibuatkan wrappernya. Yang biasanya kita setup di sisi client dengan Javascript / jQuery nya. Kini dengan Wrapper, temen-temen bisa langsung set di sisi server.

Dari ke-empat bidang itu, saya lebih suka dengan Web-nya. Karena gratis pastinya daaaan, mudah di setup serta hasilnya pun cantik dan cepet.

Ayoo cobain deh, si Kendo punya dokumentasi yang lengkap juga loh, ada forum namun belum banyak penggunanya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: