Cara melihat data users Odoo di PostgreSQL via Terminal

Data Odoo tersimpan pada database PostgreSQL. Kadang kita perlu langsung akses database untuk melihat data-data apa saja yang masuk ke PostgreSQL. Kasus sederhana adalah kita ingin melihat data users dan bagaimana bentuknya di PostgreSQL.

Untuk masuk melihat data users Odoo di PostgreSQL via terminal. Kita buka terlebih dahulu terminal lalu ikuti beberapa step dibawah ini:

# Step 1
Pada terminal, ketik “sudo -sHu posgres“. Perintah ini untuk masuk ke user postgres dimana user ini ada akses ke PostgreSQL.

# Step 2
Jika terminal anda sudah berubah usernya menjadi postgres@nama_mesin, lanjut ke step 2 yaitu melihat list database yang ada di PostgreSQL. Caranya dengan mengetik pada terminal kita dengan perintah “psql -l

Dengan perintah tersebut, akan keluar list database pada PostgreSQL. Coba ingat-ingat kita install nama database untuk Odoo apa namanya. Jika sudah ingat, lanjut ke step berikutnya.

# Step 3
Dengan mengingat nama database odoo yang terinstall pada mesin/pc kita. Sekarang kita masuk ke databasenya dengan perintah “psql -d nama_database“. Jika benar, anda masuk pada terminal PostgreSQL.

# Step 4
Setelah berhasil masuk, kita bisa melihat isi dari odoo database dengan melihat table-table apa saja yang ada pada odoo dengan perintah “\dt“. Jika terlihat semua, kita akan melihat “res_users” dimana itu adalah table data users odoo yang tersimpan. Untuk melihat data users tersebut ketik perintah “select login, password, password_crypt from res_users;” untuk melihat kolom login, password, password_crypt data user Odoo.

Untuk keluar dari terminal Postresql, anda bisa ketik “\q“, lalu jika telah keluar dari terminal Postgresql anda bisa ketik “exit” untuk kembali ke user mesin/pc dari user postgres.

Dengan cara melihat data users Odoo di PostgreSQL via terminal ini kita dapat mengetahui format dan bentuk table users yang digunakan Odoo dalam menyimpan data users.


note: Versi yang digunakan Odoo 10.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: