Html2Pdf berjalan di local namun tidak dihosting

Belum lama ini saya pakai Html2Pdf untuk mengenerate html code ke PDF. Awal ketika dijalankan di komputer local oke-oke saja. Namun entah kenapa jika dijalankan di hosting selalu saja muncul error bawaan Html2Pdf seperti tag tidak ditutup dan sebagainya. Awalnya saya pikir mungkin ada tag yang lupa tidak ditutup. Tapi saya coba validate Html dengan validator W3C hasil-nya oke ndak masalah.

Hampir cari librari lain tapi penasaran kenapa di local gak error tapi kalau di hosting html2pdf bermasalah ya. Akhirnya saya coba trace satu-satu tag. Biarin deh makan waktu asal ketemu kutu-nya.

Dan ketemu kutu-nya. Ternyata pada kode Html yang akan saya generate ke PDF ada font Verdana. Kondisi awal saya menggunakan editor milik KendoUI untuk editor user. Mungkin default font-nya adalah Verdana. Eh html2pdf di hosting font Verdana gak kedetect.

Saya coba ubah font menjadi Arial dan berjalan lancar 🙂

Jika memang mau ditambahkan font Verdana ke hosting. Mungkin bisa tambahkan font html2pdf seperti pada documentasi-nya disini [http://wiki.spipu.net/doku.php?id=html2pdf:en:v3:font]

Moga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: