Install PHP Driver MongoDB pada Ubuntu 12.04

MongoDB merupakan salah satu database NOSQL (baca: NOT ONLY SQL) bertipe document yang sedang naik daun tahun ini. Beberapa perusahaan asing sudah mulai memakainya seperti yang kita kenal social network Foursquare telah menggunakan MongoDB. Salah satu keuntungan menggunakan MongoDB ini adalah fitur AutoSharding Database untuk data yang banyak (Webscale Database). Apa si MongoDB bisa dipakai bersama PHP ?? Bisa, ada driver yang disediakan oleh MongoDB untuk PHP. Bagaimana cara menginstall driver PHP MongoDB di Ubuntu 12.04 ? Berikut saya coba jelaskan pada artikel ini.

# Langkah Pertama
Pastinya untuk menginstall PHP driver mongodb ini adalah ubuntu anda sudah terinstall MongoDB Server dan PHP dimana pear library sudah terinstall pula. Jika sudah, jalankan di Terminal anda dengan perintah.

sudo pecl install mongo

Jika berhasil, akan seperti gambar dibawah ini.

success install mongodb module

Namun jika tidak berhasil, kemungkinan anda belum menginstall PEAR library. Untuk menginstall PEAR library anda dapat mengetikan pada console anda.

sudo apt-get install php-pear

# Langkah Kedua
Tambahkan module MongoDB anda pada setingan apache di ubuntu anda pada file php.ini. Cara menambahkannya cukup mudah, buka file php.ini anda, lalu tambahkan di paling bawah file tersebut perintah dibawah ini.

extension=mongo.so

Jika sudah, simpan dan keluar dari proses edit php.ini anda.

Sampai langkah kedua ini sebenarnya driver sudah terpasang pada ubuntu anda. Namun, kita mesti pastikan apakah benar module mongodb sudah terinstall dengan baik.

# Langkah Ketiga
Langkah ketiga ini hanya untuk memastikan apakah module mongodb sudah terinstall apa belum. Langkahnya mudah, buat folder mongo-test (“bebas folder apa saja”) lalu buat file index.php pada folder localhost ubuntu anda (“baca: htdocs jika di windows”). Kalau di komputer ubuntu saya ada di /var/www/.

Tambahkan file index.php dengan kode seperti dibawah ini.

1
2
3
<?php
  echo phpinfo();
?>

Cari apakah Mongo sudah terinstal, jika sudah seperti pada gambar dibawah ini.

hasil-php-driver-mongodb

Sampai disini, driver php untuk mongodb sudah terinstall. Dan mari bermain dengan MongoDB 🙂

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: