Membuat Digisignage Base on Web

Ada yang tau digisignage? Yang belum tau coba search di google image dengan keyword “digisignage” dan seketika pasti bilang “oohhhh” :D. Digisignage berasal dari kata digital dan signage yang intinya adalah menampilkan informasi dalam papan digital berupa LED atau LCD yang biasa dipasang di tempat-tempat strategis. Bisa baca penjelasan lengkap dari bang Wiki disini https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_signage

Saya sebenernya baru tahu juga. Ketika ada permintaan membuat Digisignage base on Web, saya bertanya memang kenapa dibuat dengan web? Jawabnya simple, Digisignage yang ada sekarang cenderung kaku dan kurang wah!.

Pembuatan Digisignage ini pun sebenernya simple. Permintaan hanya bisa mengupload video, picture dan marquee text yang lebih dari 1. Lalu ditampilkan dengan layout yang sudah fix dengan waktu-waktu tertentu yang dibungkus dalam satu playlist. Jadi satu playlist berisi video, pic, dan marquee text tertentu di waktu-waktu tertentu. Gunanya, jika misalnya jam 12 siang, muncul playlist A dengan video A, B, C dan Pic D, E F dan marquee text tertentu. Terdapat pula fitur push informasi dadakan ketika ada tamu/acara dalam bentuk popup box yang dipush di backend secara langsung dengan pengaturan detik si popup box akan tertutup kembali.

Terdapat pula papan/monitor yang saya sebut “Display” yang nanti akan dipasang di lantai 1 dan lantai 2, atau mungkin lebih. Tiap display inipun disetting agar hanya menampilkan beberapa playlist di jam-jam tertentu.

Permasalahan yang ada saat development seperti auto play video dengan HTML5 yang kurang stabil, akses waktu dan pergantian playlist dalam satu waktu tertentu, proses convert video yang hanya di support oleh HTML5 (menggunakan FFMPEG PHP) karena tidak semua video disupoort oleh HTML5, marquee text yang tidak halus jalannya, croppic image yang harus di tambah2 lagi kodenya buat jalan di Codeigniter. Wah lumayan banyak deh, yang diperkirakan mudah tapi ternyata banyak task nya 🙂

Project digisignage base on web ini dikerjakan saya dan teman saya. Dibuat dengan beberapa teknologi:
1. Codeigniter 3,
2. MySQL,
3. Handlebars template engine JS
4. jQuery, Ajax,
5. FFMPEG PHP plugin untuk convert video format
6. HTML5 Video
7. Cropping image dengan croppic

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: