Sistem Aplikasi Komisi Sales Engineer (Salesman)

Sistem Aplikasi Komisi Sales Engineer atau salesman ini dibuat atas tidak adanya pencatatan yang baik pada perusahaan tentang berapa dana yang keluar kepada Salesman atas penjualan yang berhasil salesman lakukan. Selain permasalahan tersebut, kepala salesman ataupun pejabat lainnya yang terkait dengan komisi salesman ini pun tidak tertib sesuai dengan SOP perusahaan. Seperti parameter besaran persentase jika barang dibayarkan kepada customer pada periode waktu tertentu dan lain sebagainya.

Parameter-parameter masuk dalam persentase besaran komisi yang didapat oleh salesman seperti:

  1. Pembayaran oleh customer selama periode tertentu misalnya customer yang membayar cash mendapat nilai 1.5, lalu customer yang membayar lunas dengan periode 30 hari setelah invoice mendapatkan nilai 0.7 dan waktu-waktu lainnya.
  2. Pembayaran oleh customer terhadap tipe barang yang terjual seperti penjualan barang jenis sparepart mendapatkan nilai 0.4, lalu penjualan barang jenis unit mendapatkan nilai 1.0 dan lain sebagainya.
  3. Pembayaran oleh customer terhadap nilai barang yang terjual seperti barang sampel yang dibeli oleh customer mendapat nilai 1, lalu barang baru mendapatkan nilai 0.8, lalu customer baru mendapatkan nilai xx nilai.

Dari ketiga parameter tersebut, nilai-nilai tersebut dijumlah dan dikalikan dengan total gross margin keuntungan perusahaan dari COGS dan Nilai Invoice terhadap customer.

Selain 3 parameter tersebut, ada beberapa nilai yang menjadi penambah nilai dan bahkan pengurang nilai itu sendiri.

Sistem komisi ini juga mencatat approval per user terhadap komisi yang dilakukan oleh salesman. Karena komisi ini membutuhkan approval dari masing-masing bagian. Dengan adanya history ini, user yang melakukan pencatatan approval ini pun dimudahkan ketika dari tiap-tiap bagian memberikan note terhadap klaim komisi tersebut.

Sistem aplikasi ini adalah lanjutan dari sistem aplikasi yang mencatat kegiatan atau aktifitas dari salesman tersebut seperti telp ke customer, email, kunjungan ke kantor customer. Proses kegiatan ini pun dicatat hasilnya sampai ke proses pembuatan quotation kepada customer.

Yang saya buat hanya sistem komisi ini, bukan sistem kegiatan/aktifitas salesman kepada customer.

Project ini dikerjakan saya sendiri dengan melanjutkan sistem sales activity. Dibuat dengan beberapa teknologi:
1. Codeigniter 2.x
2. PostgreSQL, views,
3. jQuery, Ajax
4. Handlebars Templating
5. Select2,
6. Twitter Bootstrap 3.x, etc
7. PHP7, Apache 2 install pada windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: