Sistem Mini Klinik Berbasis Web

Mini klinik berbasis web ini adalah sistem untuk pengolahan data-data klinik. Tidak seperti rumah sakit, klinik alur kerja lebih sederhana. Untuk itulah dibuatkan sistem mini klinik ini berbasis web dengan proses dan alur yang sederhana.

User yang terlibat pada sistem mini-klinik ini adalah:

Patient,
Patient dapat melakukan appointment secara online. Patient pun dapat melihat schedule dokter yang tersedia pada klinik. Appointment dapat diterima atau ditolak oleh pihak klinik melalui receptionist. Sebelum diterima atau ditolak, patient dapat mengubah jadwal appointment.

Receptionist,
Receptionist bertugas untuk mengatur data appointment patient. Patient dapat melakukan appointment secara online, lalu diterima atau ditolak berdasarkan ketersediaan waktu dari dokter adalah tugas receptionist. Receptionist pun dapat melakuan appointment langsung jika ada patient yang menelpon atau datang langsung ke klinik. Selain itu, receptionist juga mengatur jika dokter sudah ada dan patient sudah siap untuk diperiksa.

Perawat,
Perawat disini bertugas untuk mencatat data seperti keluhan, hasil diagnosa dari dokter dan apa saja yang dilakukan oleh dokter terhadap patient. Data obat dan dosis yang diberikan dokter kepada patient pun dicatat melalui sistem klinik ini. Perawat pun bisa melihat riwayat pemeriksaan patient yang dulu tercatat pada sistem klinik ini.

Dokter,
Dokter pada sistem klinik ini, jika ingin masuk ke sistem hanya melihat data-data patient yang ada janji dengannya. Sengaja dokter tidak terlalu banyak dilibatkan pada sistem ini karena kenyataan di klinik dokter tidak ingin dipersulit dengan adanya sistem ini.

Apoteker,
Pada sistem ini, apoteker hanya bisa melihat pemeriksaan yang meliputi data-data obat saat terjadi pemeriksaan antara perawat-dokter dan patient.

Laboratorist,
Sama seperti apoteker, laboratorist hanya melihat pemeriksaan yang hanya terdapat data-data lab, seperti cek darah dan lain sebagainya.

Kasir,
Kasir pada sistem klinik ini hanya bertugas untuk menerima pembayaran dari patient jika telah selesai.

Accountant,
Accountant pada sistem ini hanya bisa melakukan proses purchasing dari vendor. Saat ini sistem mini-klinik ini hanya mengolah data tersebut untuk user accountant ini.

Superadmin
Super user pada sistem ini yang mengelola module/menu, akses, role group dari user user yang tersedia pada sistem ini.

Alur Purchase
Pada sistem ini juga terdapat data purchase/pembelian untuk data obat dari vendor-vendor yang tercatat pada sistem. Proses pembelian ini otomatis akan menambah stok dari obat pada sistem klinik ini. Proses kebalikan dari hasil transaksi dari kasir dimana stok obat otomatis berkurang jika terdapat obat yang dibeli oleh patient.

Alur Record Pemeriksaan
Record pemeriksaan yang dilakukan oleh perawat atas hasil dari dokter dan patient. Pencatatan ini berupa keluhan dari patient, foto on the spot jika ada yang diperlukan untuk difoto, action/tindakan dari dokter seperti suntik langsung, action/tindakan obat yang harus diambil di bagian apoteker atau tindakan lab yang harus diarahkan ke bagian laboratorist.

Reporting
Reporting di sistem mini-klinik berbasis web ini baru hanya histori purchase, histori kasir dan stok dari obat-obat yang tersedia.

Data Master,
Data master hanya meliputi data obat, kategori obat, satuan obat, department/poli, tindakan doktor, tindakan lab, doctor schedule, data vendor, user sistem, group user, module/menu, role/akses group module, module action.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: