SSL tidak berjalan lancar di browser Samsung bawaan

Ngurus server lumayan nguras waktu dan tenaga. Belum lama ngurus setting SSL yang dibeli sama kantor untuk dipasang di server VPS. Karena kantor menggunakan DigitalOcean, saya lihat artikel DO untuk memasang SSL disana https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-install-an-ssl-certificate-from-a-commercial-certificate-authority.

Setelah dipasang dan setting alhamdulillah bisa. Belum lama dapat laporan, jika buka dengan browser bawaan Samsung, SSL tidak berjalan seperti biasa. Browser minta verifikasi seperti SSL nya tidak terbaca dengan baik.

Cari informasi dan kontak penjual SSL katanya setingan servernya kurang oke. Mesti setting “Chippersuite SSL” dll. Waduh apalagi ini.

Browsing-browsing dan coba pasang setingan itu, tapi tetep aja tidak bisa. Saya tanyakan kembali ke penjual SSL katanya hasil test SSL nya kurang bagus. Penasaran saya browsing tester SSL dan ternyata banyak caranya. Sekali search dengan keyword “SSL Test” ada banyak link yang bisa dipakai.

Setelah nyobain satu-satu, emang bener ternyata nilai SSL yang saya setting di server tidak bagus. Hanya dapet nilai B. Ada penjelasan kenapa hanya nilai B dan bagaimana caranya agar mendapat nilai A.

Setelah ngubek-ngubek lagi, ketemu ternyata ca-bundle nya juga mesti di include di setingan server kita. Karena saya menggunakan Apache sebagai server handler nya, berikut ini cara memasukan ca-bundle SSL ke server kita.

https://www.instantssl.com/ssl-certificate-support/cert_installation/apache-ssl.html

Setelah reload server dan coba untuk test SSL lagi. Alhamdulillah beres, dapet nilai A. Dan pas coba buka pake browser bawaan hape Samsung. Jeng-jeng-jeng..bisa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: