ToS Hostgator dan Hasil Query Bermasalah

Belum lama saya ada pengalaman aneh ketika query yang saya jalankan tidak berjalan semestinya. Terjadi di hosting luar, tepatnya Hostgator dengan tipe shared server. Saya jalankan satu proses dimana dalam satu proses tersebut ada sekitar 100-150 data yang masuk dalam waktu 10 menit-an dengan perhitungan query 1 data 10-15 query.

Saat menjalankan pertama kali, berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan. Namun ketika data telah masuk sekitar 12.000, ada hal aneh yang terjadi. Saya echo select query yang saya jalankan, saya coba jalankan pada phpmyadmin dan berjalan dengan baik. Namun aneh ketika saya hitung hasil count data select query selalu menghasilkan data kosong. Tidak lama setelah kejadian itu, website down, semua tidak dapat diakses. Bahkan saya coba akses phpmyadmin pun di cpanel mengeluarkan notif aneh. Disuruh upgrade mysql ke versi 5.xx. Nah lho..

Saya sampaikan dan diskusikan dengan pemilik hosting, “mungkin ada maintenance dari pihak hostgator, tolong cek tiket atau notifikasi” namun katanya tidak ada dan kesalahan terjadi pada hasil query yang saya jalankan. Terhenti, saya tidak tahu kenapa query hasil count menghasilkan data kosong.

Pemilik hosting lalu memberikan akses email ke hosting mereka. Saya lalu membuka tiket karena mungkin ada notifikasi maintenance yang terjadi di hostgator. Dan benar, terdapat notifasi yang mengatakan CPU usage melebihi 25% dari ToS untuk tipe shared server. Informasi ada di link ini (http://support.hostgator.com/articles/pre-sales-policies/rules-terms-of-service/cpu-resource-usage).

Lantas atas kejadian itu, pihak hostgator mengatakan untuk melakukan optimasi database dan query atau mengganti dari shared server ke dedicated server. Dari notif itupun saya lihat, no indexing pada table di database project pemilik hosting. Dan banyak query yang menggunakan tag * (dengan artian select all data).

Akhirnya pemilik hosting mengadukan ke hostgator untuk diproses dan hasilnya, website kembali up, dan pemilik hosting mengakui adanya kesalahan dalam optimize database mereka.

Nilai positif dari kejadian ini: Optimisasi database, persiapkan hosting ketika data sudah semakin banyak, reliable atau tidak, pasang email forwarder dari notifikasi hosting yang kita pakai dan hitung semua angka baik itu jumlah query, jumlah data yg masuk dan berapa waktu proses akan membantu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: