Upload Foto ke Facebook Fan Page API dengan Codeigniter

Pada artikel sebelumnya, saya sempat buat bagaimana cara mendapatkan token fan page facebook kita dengan codeigniter. Sekarang, saya catat pula bagaimana contoh kasus sederhana upload foto ke akun facebook fan page kita.

Langkah awal untuk upload foto ke fanpage facebook kita adalah mendapatkan token fan page. Setelah itu, anda dapat mencoba membuat method baru untuk proses upload ke fanpage facebook kita. Disini saya sample membuat method “post_to_fanpage()”.

Dan selesai…silahkan coba liat di fan page anda..
loh kok penjelasannya gak ada ??, itu ada di comment code nya..:D

Proses sederhana ini mungkin lebih akan anda perbaiki seperti pengecekan file foto atau bukan, sudah diupload sebelumnya atau belum. Proses debuging bisa anda lakukan juga, di print_r saja si proses upload_photonya, nanti si facebook kasih error message kenapa gagal upload.

Tambahan lagi, variable $upload_photo itu kalau berhasil upload, kita dikasih ID untuk photo yang telah kita upload. Biasanya ini akan sangat berguna untuk proses delete photo (*setahu saya blum support delete si facebook teh*) atau buat komentar di photo yang baru kita upload.

Sampai disini, moga jadi catetan baik untuk penulis yang kadang lupa juga cara setting upload foto ke fanpage facebook :D. Mungkin ada yang butuh untuk fitur di projek teman-teman juga..:)

2 comments

  1. aku masih beluum paham …. gan,
    itu kan masih dalam bentuk function… kita kan harus memnggilnya gan…. tolong urutkan mulai awal lg… aku bner2 masih blm paham gan

    1. @facebook-100005343461657:disqus : tinggal dipanggil saja mas, intinya setelah dapet token facebook fanpage-nya, simpan di DB, jika diperlukan..ambil dari DB lalu panggil api Facebook dengan Token tersebut. Karena pemanggilan API salah satu syaratnya token. Coba simak artikel awal saya yang ini : http://www.adiputra.web.id/instalasi-facebook-api-pada-codeigniter/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: