Wifi dengan Atheros Driver ath9k Tidak Stabil di Ubuntu 12.04 LTS

Putusan untuk migrasi dari W7 ke Ubuntu saya beranikan untuk menambah ilmu server dengan linux yang kini banyak sekali digunakan untuk aplikasi web skala besar. Ada beberapa fitur di PHP yang hanya dapat berjalan di linux seperti Semaphore. Jadi, yaa kalo gak dimulai dari sekarang..gak akan bisa-bisa..

Setelah berhasil install full 12.04, ada banyak kendala yang muncul, salah satunya adalah Wifi dengan driver Atheros ath9k yang unstable, sering banget putus nyambung. Dengan jarak kira-kira 1 meter saja Wifi di laptop dapat ditangap dengan baik, lebihnyaa..ampun susah dapet Wifi di rumah saya.

Penasaran saya coba cari tahu di forumubuntu.org namun langkah yang ada dan saya coba terapkan gak berhasil. Ternyata ada yang post kalau Driver Atheros Ath9k itu masih ada bug. Tetep gak bisa dengan cara seperti menambahkan konfigurasi di ath9k.conf dengan “options ath9k nohwcrypt=1” akhirnya saya dapatkan info dari milis ubuntu ID agar untuk sementara gunakan saja USB penangkap Wifi.

Bagi saya ini bukan solusi terbaik, masa benar tidak bisa sih. Saya coba cari tau lagi dari milis-milis dan forum lain. Tetap saja saya tidak dapatkan solusi dari sinyal wifi yang stabil dengan ath9k ini. Akhirnya saya putuskan untuk mencari penangkap sinyal di CyberPark Bekasi. Saya dapatkan TP-LINK WN722N dengan harga 100k-an, lalu saya coba pasang di laptop dan Wifi bisa ditangkap dengan baik. Dan solusi dari masalah wifi tidak stabil dengan Atheros Driver ath9k di Ubuntu 12.04 LTS pun solve.

Walaupun mesti keluarin biaya. Yaaa mau gemana lagi, nunggu versi Ubuntu yang stabil untuk wifi dengan driver atheros ath9k ini nantinya. Moga ada fix untuk bug seperti ini kedepan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: