Belajar Python: Cara menggeser List ke kiri atau ke kanan

List dalam pemrograman python mirip sebuah array. Pada belajar python ini saya coba menjelaskan bagaimana cara menggeser list ke kiri atau ke kanan. Anggap kita punya satu list dengan isi: [1,2,3,4,5]. Lalu jika kita ingin menggeser ke kanan maka list akan berubah menjadi [5,1,2,3,4]. Jika kita geser lagi ke kanan, list akan berubah seperti ini [4,5,1,2,3].

Sebaliknya, untuk menggeser list ke kiri, dari list yang ada [1,2,3,4,5], kita geser ke kiri maka akan berubah menjadi [2,3,4,5,1], dan seterusnya.

Pada python, ada method yang telah disediakan untuk memanipulasi sebuah list. Untuk kasus ini mari kita coba beberapa method 🙂

Menggeser list ke kanan:
Untuk menggeser list ke kanan, kita dapat melakukannya dengan kode seperti dibawah ini.

bilangan.insert(0, bilangan.pop())

Variable bilangan adalah sebuah list.

Method insert() pada list bilangan digunakan untuk memasukan sebuah item dengan index tertentu. Pada kode diatas, ada 2 parameter. Parameter pertama untuk mendefinisikan index, parameter kedua adalah item yang akan dimasukan ke dalam list.

Method pop() pada list berguna untuk mengeluarkan item terakhir pada sebuah list atau jika disetting parameter, maka parameter tersebut menunjuk sebuah index dari list. Jika pada kasus [1,2,3,4,5], maka 5 adalah item yang akan dikeluarkan oleh method pop(). Jika kita setting pop(2), maka item bilangan yang dikeluarkan adalah angka 3.

Menggeser list ke kiri:

Untuk menggeser list ke kiri, dapat menggunakan kode berikut.

bilangan += [bilangan.pop(0)]

Seperti yang dijelaskan terdapat method pop(). Pada kasus diatas, kita keluarkan bilangan pertama dengan pop(0). Lalu kita gabungkan bilangan dengan bilangan list yang isinya adalah bilangan awal.

Jika kurang jelas, perhatikan penjumlahan list + list. Misalnya:

[2,3,4] + [1,5] = [2,3,4,1,5]

[1] + [2,3,4] = [1,2,3,4]

Moga bisa bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.