Cara Mengambil Data Wilayah Indonesia dengan PHP Laravel

Beberapa aplikasi membutuhkan data wilayah seperti Provinsi, Kota, Daerah. Sebagai contoh yang sering kita pakai ada untuk mengambil data pengiriman barang melalui jasa shipping. Beberapa aplikasi yang pasti memerlukan data wilayah ini tidak lain biasanya adalah aplikasi yang membutuhkan lokasi detail user ataupun pengguna.

Mengumpulkan data-data itu untuk dapat digunakan tidak mudah. Dulu waktu 2011 awal saya mulai bekerja di salah satu perusahaan penjualan perlengkapan bayi / baby needs agak sulit menghitung biaya pengiriman karena data wilayah belum banyak yang menshare. Sekarang ada banyak salah satunya adalah ada di github laravolt/indonesia ini.

Dengan package yang telah dibuat kawan-kawan laravolt ini, mengambil data wilayah dengan PHP khususnya dengan framework Laravel jadi semakin mudah. Berikut saya coba package ini.


[crp]


Cara install sebenarnya sudah ada di guide dari package git laravolt.

Cek Versi Laravel

Pertama kali, pastikan saja dulu versi laravel yang sedang kita gunakan. Saat artikel ini dibuat, saya menggunakan Laravel versi 5.6. Untuk versi 5.5 kebawah, ada sedikit penambahan step karena Service Provider dan Facade pada config perlu ditambahkan secara manual.

Install dengan package composer

Jika sudah terinstall laravelnya, ketik perintah.

composer require laravolt/indonesia

pada terminal dimana folder laravel anda. Jika berhasil, pastikan terdapat folder laravolt pada folder vendor project laravel anda.

laravolt di folder vendor

Lanjut ke proses berikutnya ya.

Pengaturan .env untuk Database Laravel

Proses selanjutnya adalah pastikan pengaturan database pada file .env anda sudah sesuai dengan database yang sedang anda pakai di laptop / PC anda. Karena proses selanjutnya ini adalah proses pembuatan migration dan seeder yang berarti nanti data akan disimpan di database proyek kita.

Proses Migration

Karena terkait data, proses migration ini adalah proses dimana kita define struktur dari table yang akan kita pakai untuk menyimpan data wilayah indonesia. Jika pada pengaturah .env sudah benar. Ketik perintah.

php artisan migrate

sehingga seperti gambar berikut.

laravolt migration

Jika berhasil seperti gambar diatas. Untuk memastikan lebih detail lagi apa sih isi dari file tersebut. Silahkan buka-buka di folder vendor/laravolt/src/migrations

Langkah selajutnya adalah proses seeding data ke database.

Ketik perintah berikut untuk proses seeder.

php artisan laravolt:indonesia:seed

Proses akan memakan waktu beberapa detik karena data wilayah Indonesia cukup banyak. Jika berhasil, database anda akan terisi table dengan data wilayah Indonesia seperti pada gambar dibawah ini.

Laravolt Database

Silahkan jika ingin melihat data-data tersebut per table.

Cara penggunaan Laravolt/Indonesia

Untuk menggunakan Laravolt/Indonesia ini cukup mudah. Saya coba dengan menggunakan tinker command.

Pada terminal anda ketik saja

php artisan tinker

Nanti akan masuk ke tampilan seperti ini.

Laravolt Tinker

Saya coba untuk panggil semua data province dengan perintah Indonesia::allProvince(); dan hasilnya seperti diatas ya, berbentuk collection yang siap dimasukan di form anda. Anda perlu bermain dengan Ajax atau lebih keren-nya bisa menggunakan framework frontend kekinian seperti VueJS, ReactJS ataupun lainnya.

Beberapa perintah lain ada di dokumentasi seperti pagination pada data wilayah dan ada juga search daerah atau wilayah dengan keyword dari user atau pengguna. Sangat-sangat membantu sekali ya 🙂

Bingung implementasi-nya? Tulis dikolom komentar ya 🙂

Artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: