Gunakan Sentry untuk Monitoring Error di live Aplikasi

Aplikasi anda sudah live? Waw keren..Sebelum live pasti ada proses sebelumnya itu adalah pengujian/testing. Proses pengujian bisa dilakukan secara manual atau otomatis. Manual disini maksudnya adalah orang yang melakukan pengujian. Di dunia kerja pemrograman mungkin ada yang pernah denger QA/Tester. Orang itulah yang melakukan pengujian/testing secara manual ataupun otomatis.

Namanya orang, seperti sifatnya itu “tidak sempurna” maka aplikasi yang diuji mungkin bisa saja error itu lolos dan tidak sempat teruji oleh orang tersebut. Namun apakah kita akan begitu saja meloloskan error tersebut? Tidak ya..

Ada tool untuk memonitoring error di aplikasi kita. Ada banyak sekarang-sekarang ini sebenernya cuma yang sudah saya pakai dan gunakan adalah Sentry. Apa keunggulan Sentry?

Cara install yang mudah

Dari cara installnya ke aplikasi kita cukup mudah. Saya pakai laravel dan ada component yang di install lalu setting sedikit dan tadaa..error pun ter-track dan masuk notifikasi ke email kita. Kadang mencoba selain sentry itu rada susah. Apa saya yg kudet ya..btw benern ini installnya gampang kok

Notifikasi ke email jika ada error/bug

Nah ini yang penting, jika ada error/bug Sentry langsung mengirimkan notifikasi ke email kita. Dengan fitur ini, kita tidak perlu pantengin melotot terus liat log aplikasi kita. Cukup hidupkan email notifikasi di hape kita dan tiap notifikasi dari Sentry kita dapatkan.

Informasi error yang detail

Ketika mendapatkan error notifikasi via email, saya mendapatkan informasi yang sangat jelas sekali seperti error ini terjadi jam berapa, terjadi di controller apa, lalu di method/fungsi apa, error note nya apa sehingga kita mudah untuk melakukan perbaikan secepat mungkin.

Berikut contoh screen yang saya dapatkan di salah satu project saya.

sentry email 1

sentry email 2

sentry email 3

Dari gambar itu juga terlihat jelas error tersebut terjadi di browser apa, mesin yang akses itu apa dan lain sebagainya.

Jika kita masuk ke Dashboard Sentry akan seperti ini.

detail error sentry

Enak banget ya..
Dikasih tau kode yang error dimana, hehe..

Track Error dan sharing ke tim untuk perbaikan

Setelah error ketemu, lalu bagaimana? ya kita inform ke tim programmer untuk melakukan perbaikan. Enaknya Sentry ini ada semacam tag/penanda, oh ini error yang pegang si programmer A, oh ini error sudah solved, oh ini error muncul kembali di sini dan sana. Ini enak banget untuk mengetahui kondisi error tersebut sudah diperbaiki atau belumnya. Head programmer tinggal assign ke beberapa programmer untuk menyelesaikan error tersebut.

fitur sentry

Integrasi dengan Tool lain

Anda sering pakai Trello? atau mungkin pakai Jira? naaah Sentry ini bisa dikonekin ke tool lain. Jadi otomatis/manual nongol di Trello kita jika ada error. Ini ngebantu buat tim programmer kita untuk fokus di satu tool misalnya Trello atau lainnya.

sentry dengan tool lain

Ada banyak lagi fitur menari sentry, tapi mungkin gak semua free yaa 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: